Etika Profesi - Pertemuan 2

KONSEP DASAR ETIKA

Ketika tuntutan dan kompleksitas permasalahan kepakaran semakin meningkat, maka seorang engineer ditantang untuk dapat menjawab segala permasalahan yang ditemuinya di dunia kerja dengan cepat dan tepat. Hal tersebut menjadi dasar pentingnya pemahaman mengenai etika profesi dan moral agar keputusan yang diambil bersifat adil dan bijaksana.

Dalam hal ini terdapat 3 (tiga) alasan pentingnya pemahaman etika dalam berprofesi, yaitu:

1. Adanya perkembangan yang sangat pesat di bidang Teknologi dan Produksi sehingga menimbulkan berbagai konflik dimasyarakat.
Contoh : Televisi memberikan dampak positif dan negatif, Teknologi Micro Hydro - listrik tenaga air sekala mikro (< 1MW) bagi penduduk desa tidak selalu memberi dampak yang positif.

2. Teknologi pada prinsipnya tidak dapat bersifat bebas nilai sehingga teknologi (rekayasa) harus diberi muatan nilai moral yang positif.

3. Permasalahan dimasyarakat yang semakin kompleks dan sulit untuk dipecahkan membutuhkan kemampuan seorang engineer untuk melihat sebuah kasus implementasi teknologi dar berbagai sisi. Contoh : Kasus kecelakaan Pesawat DC 10 Kasus kegagalan PLTN Three Miles Island di Amerika.™

Romi Fahriza ©2009
Siskominfo®.Blogspot.com™
rfahriza@yahoo.com


Comments (0)

Posting Komentar

ReadMe

Jika Anda bermaksud mengambil isi artikel di blog ini untuk dipublikasikan ulang pada web maupun blog anda, maka anda harus mencantumkan link blog ini pada artikel yang anda publikasi.

Dan akan lebih baik lagi jika anda mengirim email
pemberitahuan ke pemilik blog ini. Saling menghargai sesama blogger akan menjadikan kita memiliki jaringan yang luas, dan pada akhirnya akan meningkatkan traffic pada blog kita. Jadilah diri sendiri.

Temukan identitas blogmu sendiri