Antarmuka & Peripheral - Pertemuan I

Antarmuka Peripheral --> Hubungan antara komputasidan dunia luar, bagaimana berkomunikasi dan teknik pemrogramannya.

Buku yang digunakan pada mata kuliah ini: Embedded Microcomputer System, Jonathan W. Valvano --> BAb 3, 6, 7, 8, 9, 11, 12

Ada persamaan pembelajaran mata kuliah antarmuka peripheral dengan Embedded system yaitu mempelajari fungsi dan aplikasi microcomputer secara realtime. Perbedaannya adalah pada embedded system difokuskan untuk aplikasi yang khusus misalnya pada Specific Purpose Computer dimana procesor yang digunakan berupa microkontroller seperti PLC, SCADA maupun merek lainnya.

Antarmuka Peripheral adalah bagaimana suatu sistem komputer berhubungan dengan device seperti monitor, aktuator, sensor dll.

Aktivator berfungsi melakukan aksi yang dilakukan olehkomputer seperti gerakan mekanis, grafis, frekuensi dan suara.

Yang ditekankan pada mata kuliah ini adalah bagaimana manajemen data dan kendali. Manajemen tersebut antara sistem device dan komputer.

Real time yaitu terdapat deadline (tenggat waktu) dan jaminan. Jika dilanggar ada akibatnya. Maksudnya suatu sistem real time memiliki batas waktu yang harus dipenuhi untuk memproses suatu instruksi, jika melewati batas waktu tersebut tersebut maka bisa terdapat kesalahan atau akibat.

Yang akan dipelajari pada buku Embedded Microcomputer System, Jonathan W. Valvano adalah:

BAB 3 Interfacing Methods
BAB 6 Timing Generation Anda Measurements
BAB 7 Serial I/O Device
BAB 8 Pararel Port Interface
BAB 9 Memory Interfacing
BaB 11 Analog Interfacing
BAB 12 Data Acquisition Systems

Karena buku yang digunakan menggunakan bahhasa Inggris dan saya memiliki keterbatasan waktu untuk menterjemahkannya (selain itu saya tidak ingin melanggar undang-undang hak cipta) maka saya hanya memberikan judul dari bahan ajar yang akan diberikan. Dan anda diharapkan dapat mempelajarinya sendiri dengan mencari bahan ajar ditempat lain.™

Romi Fahriza ©2009
Siskominfo®.Blogspot.com™
rfahriza@yahoo.com

Comments (0)

Posting Komentar

ReadMe

Jika Anda bermaksud mengambil isi artikel di blog ini untuk dipublikasikan ulang pada web maupun blog anda, maka anda harus mencantumkan link blog ini pada artikel yang anda publikasi.

Dan akan lebih baik lagi jika anda mengirim email
pemberitahuan ke pemilik blog ini. Saling menghargai sesama blogger akan menjadikan kita memiliki jaringan yang luas, dan pada akhirnya akan meningkatkan traffic pada blog kita. Jadilah diri sendiri.

Temukan identitas blogmu sendiri