Pertemuan 3 - Teknik Digital

Sistem digital dibuat dari rangkaian yang memproses digit biner 0 dan 1, sementara itu banyak besaran dalam dunia nyata dinyatakan dengan sistem yang lain. Oleh karena itu para perancang perlu memikirkan bagaimana korespondensi antara dua data-data bukan biner pada dunia nyata dengan data biner yang akan diolah oleh rangkaian digital.

Bab ini akan membahas bagaimana cara mempresentasikan berbagai data non–biner ke dalam bentuk biner, juga bagaimana melakukan manipulasi data dalam bentuk biner. (klik readmore untuk lebih lanjut sekaligus download ebook bahan ajar pertemuan 3)

Sistem bilangan yang biasa kita pakai sehari-hari disebut bilangan berbasis posisi (positional number system). Pada sistem ini, bilangan dipresentasikan dengan suatu string yang terdiri dari digit-digit dimana setiap posisi digit tersebut berasosiasi dengan bobot tertentu. Nilai bilangan tersebut adalah jumlah digit yang telah diberi bobot, sebagai contoh : 1734 =1×1000 + 7 ×100 + 3×10 + 4 ×1

Setiap bobot adalah adalah pangkat 10 dari posisi digitnya. Untuk bilangan di kanan titik desimal dilakukan pembobotan dengan perangkat negatif dengan cara seperti pangkat positif.

Lebih lengkap tentang sistem bilangan download disini ---> download <---

Comments (0)

Posting Komentar

ReadMe

Jika Anda bermaksud mengambil isi artikel di blog ini untuk dipublikasikan ulang pada web maupun blog anda, maka anda harus mencantumkan link blog ini pada artikel yang anda publikasi.

Dan akan lebih baik lagi jika anda mengirim email
pemberitahuan ke pemilik blog ini. Saling menghargai sesama blogger akan menjadikan kita memiliki jaringan yang luas, dan pada akhirnya akan meningkatkan traffic pada blog kita. Jadilah diri sendiri.

Temukan identitas blogmu sendiri