Pertemuan 2 - Teknik Digital

Sistem dan divasis analog adalah sistem yang memproses sinyal-sinyal yang bersifat time-varying yang memiliki nilai yang bersifat kontinyu, baik berupa tegangan, arus, atau metrik lainnya. Di lain pihak, sistem atau divais digital memproses sinyal yang hanya memiliki nilai atau keadaan yang diskrit.

Pada sistem biner nilai diskrit yang terjadi hanya terdapat dua keadaan yang secara logika biasanya disebut 0 atau 1, LOW atau HIGH, FALSE atau TRUE,
atau pasangan istilah-istilah lainnya. Komputer digital mulai diperkenalkan tahun 1940-an dan mulai digunakan secara komersial sejak tahun 1960-an. Kini, sistem digital telah banyak menggantikan berbagai sistem dalam kehidupan kita yang tadinya diolah secara analog. Komputer pribadi (PC) merupakan salah satu contoh yang memperlihatkan penggunaan teknologi digital untuk membantu berbagai kegiatan kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh lain yang dapat kita simak.

· Perekaman Audio. Perekaman sinyal audio telah lama dilakukan secara
analog pada media pita kaset atau piringan hitam. Teknologi digital telah memberikan pilihan baru sehingga perekaman tersebut dapat dilakukan secara digital, dan dapat disimpan baik pada media kaset (DAT = Digital Audio Tape), maupun media optik (CD-A = Compact Disc Audio).

Bahkan pada beberapa tahun terakhir, dengan berkembangnya teknologi kompresi data yang dapat diimplementasikan pada prosesor digital berkecepatan tinggi telah memungkinkan untuk menyimpan rekaman video secara digital dalam media CD (Video-CD) dan DVD (Digital Video Disc).

· Karburator Mobil. Karburator mobil yang pada awalnya merupakan sistem kendali mekanik analog yang berfungsi untuk mendeteksi temperatur, tekanan dan besaran lainnya; pada mobil-mobil generasi terbaru sudah digantikan dengan suatu pengendali berbasis mikroprosesor. Sejumlah sensor mekanik dan elektronik mendeteksi besaran-besaran analog dan melakukan konversi ke dalam besaran digital sehingga dapat diproses oleh mikroprosesor untuk menentukan besarnya aliran udara dan bahan bakar ke dalam mesin.

· Sistem telepon. Telepon diperkenalkan lebih dari seratus tahun yang lalu. Walaupun telpon sekarang sebagian besar masih merupakan telpon analog di tingkat end-user, tetapi sinyal-sinyal percakapan analog tersebut pada umumnya kini sudah diubah menjadi sinyal-sinyal digital untuk komunikasi antar sentral.

Mengapa banyak sistem analog yang digantikan dengan sistem digital ? Berikut ini adalah beberapa alasan yang menjelaskan mengapa teknologi digital banyak digunakan untuk menggantikan teknologi analog.

Lebih lengkap download file pdf disini


Comments (0)

Posting Komentar

ReadMe

Jika Anda bermaksud mengambil isi artikel di blog ini untuk dipublikasikan ulang pada web maupun blog anda, maka anda harus mencantumkan link blog ini pada artikel yang anda publikasi.

Dan akan lebih baik lagi jika anda mengirim email
pemberitahuan ke pemilik blog ini. Saling menghargai sesama blogger akan menjadikan kita memiliki jaringan yang luas, dan pada akhirnya akan meningkatkan traffic pada blog kita. Jadilah diri sendiri.

Temukan identitas blogmu sendiri