Etika Profesi - Pertemuan 4

KAJIAN ETIKA REKAYASA

Kajian etika rekayasa meliputi :
1. Kajian normative, mengacu pada norma-norma atau standar moral yang diharapkan terhadap sikap dan kebijakan, tindakan, struktur organisasi dan karakter individual.
2. Kajian konseptual, menitikberatkan pada penjernihan konsep, ide-ide dasar, prinsip, problem dan argumentasi ilmiah dalam membahas isu moral kerekayasaan (kepakaran dan rekayasa).
3. Kajian deskriptif, merupakan jembatan bagi kajian normative dan konsepsual berdasarkan data, spesifikasi masalah dan fakta yang relevan. Terutama dengan fakta realitas bisnis dari proses rekayasa, analisa resiko dan profil fsikologis masyarakat.

Contoh :
Kasus rencana pembangunan Nusantara Tunnel.
- kajian normative : normal dan implikasi di masyarakat
- Kajian konseptual : konsep-konsep dasar teknologi
- Kajian deskriptif : kondisi masyarakat dan pemerintah RI

Pemahaman yang baik tentang kajian dan etika rekayasa akan mendorong rekayasawan terhadap otonomi moral, sebagaimana teori Kehlberg tentang teori kesadaran moral :
- Prakonvensional : individu cenderung memuaskan kebutuhan sendiri.
- Konvensional : norma-norma keluarga/kelompok atau masyarakat tertentu sebagai standar moralitas yang final.
- Pasca konvensional : fasa otonomi moral atau mencapai individu yang otonom dimana tindakan atau keputusan rekayasa yang diambilnya selaku adil dan bijaksana.

Dari bagan “Profesional Conflict” di atas, maka bagi para rekayasawan (engineer) dapat dijelaskan berbagai hal penting :
a). Engineer merupakan bagian kecil saja dari keeluruhan system.
b). Enginer memiliki tanggungjawab moral yang besar terhadap implikasi dari penerapan teknologi dan pengembangannya.


Comments (0)

Posting Komentar

ReadMe

Jika Anda bermaksud mengambil isi artikel di blog ini untuk dipublikasikan ulang pada web maupun blog anda, maka anda harus mencantumkan link blog ini pada artikel yang anda publikasi.

Dan akan lebih baik lagi jika anda mengirim email
pemberitahuan ke pemilik blog ini. Saling menghargai sesama blogger akan menjadikan kita memiliki jaringan yang luas, dan pada akhirnya akan meningkatkan traffic pada blog kita. Jadilah diri sendiri.

Temukan identitas blogmu sendiri