Kenapa Kamu Harus Kuliah

Setelah lulus SMA mungkin ada orang yang berkata seperti ini:

"Wah baru lulus neh? kenapa gue harus sibuk kuliah? Kata orang kul itu susah mending kerja aja dan langsung dapet uang."

Anda tidak akan berkembang jika terus menerus hidup dalam asumsi bahwa segalanya sulit. Tidak ada yang mudah, memang itu kenyataannya termasuk kuliah. Untuk masuk PTN saja anda harus mengikuti beragam ujian, kursus, belajar ini itu. rasanya dunia tidak memberi kita kesempatan untuk bersantai.

Dari sisi positif, kesulitan itu harus dianggap sebagai tantangan. Apalah kehidupan ini jika hanya dijalankan dengan bersantai dan enak-enakkan?

Lalu mengapa anda harus kuliah?

Jawaban yang sangat simple dan hanya terdiri dari 3 kata.

Anda harus kuliah karena anda harus menjadi Manusia!

Manusia yang bagaimana? Saya udah manusia kog? Iya memang benar anda yang bisa membaca dan menerti tulisan ini pastilah manusia tapi setiap manusia berbeda dari cara mereka berpikir dan mental mereka.

Ada yang seperti kerbau yang ingin memuaskan nafsu syahwat, ada yang seperti celeng yang hanya ingin bersantai ria hidup enak nipu orang, atau kayak ayam yang bilang klo hidup itu mengalir saja..

Jika anda memilih kuliah secara psikologis anda akan "dikembangkan" menjadi seorang manusia seutuhnya. contohnya dalam menghadapai tekanan dari dosen, tekanan sosial, tugas yang waktunya udah mepet, praktikum yang ditunda, nilai kurang memuaskan. Secara tidak sadar setelahnya anda akan segera memperbaiki diri untuk menjadi seseorang yang kokoh mentalnya untuk menghadapi berbagai kesulitan di masa depan.

Anda akan mengetahu betapa hidup ini banyak sekali tantangannya dan itulah keindahan dari kehidupan. Kuliah membangun watak manusia menjadi seorang yang mengerti hukum, memiliki prinsip dan idealis. Dunia mana yang tidak membutuhkan orang yang seperti ini.

Kehidupan sosial dan pemikiran anda akan menghadapi peningkatan. Jika sebelumnya sewaktu SMA anda hanya bisa nongkrong di mall, nampang biar diliat cewek, ngabisin duit ortu. Kini sewaktu kuliah bisa jadi anda justru lebih sering nongkrong di perpus, anda lebih peduli kepada masa depan anda (bodo' amat mau cewek cantik lewat juga ;) dan anda lebih optimal dalam menggunakan uang anda.

Anda belajar menjadi dewasa dan pada akhirnya akan menjadi seorang manusia.

Kuliah itu menarik kan?

Romi Fahriza ©2009
Siskominfo®.Blogspot.com™
rfahriza@yahoo.com

Comment (1)

Anonim

15 September 2011 pukul 21.41

nice". . .thumb

Posting Komentar

ReadMe

Jika Anda bermaksud mengambil isi artikel di blog ini untuk dipublikasikan ulang pada web maupun blog anda, maka anda harus mencantumkan link blog ini pada artikel yang anda publikasi.

Dan akan lebih baik lagi jika anda mengirim email
pemberitahuan ke pemilik blog ini. Saling menghargai sesama blogger akan menjadikan kita memiliki jaringan yang luas, dan pada akhirnya akan meningkatkan traffic pada blog kita. Jadilah diri sendiri.

Temukan identitas blogmu sendiri