Rekayasa Perangkat Lunak - Pertemuan 1

Pengenalan Software

TUJUAN :
Setelah membaca dan mempelajari bab ini, mahasiswa dapat :
• Memahami beberapa definisi perangkat lunak dan mengapa perlu rekayasa
perangkat lunak
• Memahami evolusi software
• Memahami karakteristik perangkat lunak
• Memahami aplikasi-aplikasi perangkat lunak

1. PENDAHULUAN
Rekayasa perangkat lunak adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi
perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem
setelah digunakan. Pada definisi ini, ada dua istilah kunci :


1. ’disiplin rekayasa’ . Perekayasa membuat suatu alat bekerja. Mereka
menerapkan teori, metode, dan alat bantu yang sesuai, selain itu mereka
menggunakannya dengan selektif dan selalu mencoba mencari solusi terhadap
permasalahan, walaupun tidak ada teori atau metode yang mendukung.
Perekayasa juga menyadari bahwa mereka harus bekerja dalam batasan
organisasi dan keuangan, sehingga mereka berusaha mencari solusi dalam
batasan-bataan ini.

2. ’semua aspek produksi perangkat lunak’ . Rekayasa perangkat lunak tidak hanya
berhubungan dengan proses teknis dari pengembangan perangkat lunak tetapi
juga dengan kegiatan seperti manajemen proyek perangkat lunak dan
pengembangan alat bantu, metode dan teori untuk mendukung produksi
perangkat lunak.

2. EVOLUSI SOFTWARE
Tahun-tahun awal (1950-an)
Ciri-cirinya adalah:
• Orientasi ke batch processing, pemrosesan dilakukan jika sejumlah data telah
dikumpulkan dalam waktu yang telah ditentukan.
• Limited distributed, pemrosesan data kebanyakan masih dilakukan secara terpusat
• Custom software

Era Kedua (pertengahan 1960 & 1970-an)
Ciri-cirinya adalah:
• Muti user, beberapa user secara bersama-sama menggunakan satu prosesor
• Data base, beberapa file saling terhubung satu sama lain sebagai kesatuan yang
terintegrasi
• Real time, memonitor, menganalisa, mengendalikan peristiwa yang sedang terjadi
dengan waktu tanggap yang sangat singkat (cepat)
• Product Software

The third era (1980-an)
Ciri-cirinya:
• Distributed System
• Embeded Intelligent
• Low Cost Hardware

The fourth era (1990-an)
Ciri-cirinya:
• Powerful desktop system
• Object Oriented Technologies
• Expert systems
• Artificial Neural Network
• Parallel Computing
• Network Computer

3. KARAKTERISTIK SOFTWARE
1. Software dikembangkan atau direkayasa, bukan dipabrikasi dengan cara klasik
Meskipun banyak kesamaan diantara pabrik perangkat keras dan software, aktivitas
keduanya secara mendasar sangat berbeda.

Kualitas yang tinggi dapat dicapai melalui teknik perancangan yang baik. Software
yang dikembangkan oleh seseorang dapat berbeda dengan orang lain walaupun
hasil akhirnya sama.

2. Software tidak pernah usang
Software tidak rentan terhadap pengaruh lingkungan yang merusak dan membuat
software menjadi usang. Kesalahan-kesalahan yang tidak dapat ditemukan akan
membuat tingkat kegagalan menjadi sangt tinggi pada awal siklus pengembangan.
Selama hidupnya software mengalami perubahan (pemeliharaan), kesalahankesalahan
yang muncul menyebabkan grafik kegagalan meningkat.
Teknik Elektro Unila Mardiana, S.T,M.T 3

3. Sebagian besar software adalah “Custom-built diassembly” berdasar komponenkomponen
yang ada Pengembangan Software memerlukan perancangan yang baik, sehingga sangat
jarang dilakukan secara masal.

Secara umum software dapat digolongkan menjadi 3 kelompok besar yaitu :
• Operating system
Berfungsi untuk mengendalikan dan mengkoordinasi seluruh peralatan yang
terhubung didalm system komputer sehingga dapat beroperasi dengan baik.
• Language software
Berfungsi untuk menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis menggunakan
salah satu bahasa pemrograman menjadi kode-kode mesin sehingga dimengerti
oleh komputer.
• Application software
Merupakan software yang diterapkan untuk menyelesaikan aplikasi tertentu
menggunakan salah satu bahasa pemrograman. Aplikasi dapat dilakukan dalam
berbagai bidang kehidupan seperti : aplikasi bisnis, teknik dan ilmu pengetahuan,
baik dalam lingkup sederhana maupun dalam lingkup yang besar.

4. KOMPONEN SOFTWARE
Plan -> Requaire -> design

5. APLIKASI – APLIKASI SOFTWARE
System Software
Merupakan kumpulan instruksi yang ditulis untuk melayani program-program lain,
seperti : compiler, editor dan utilitas pengatur file.
Real Time Software
Program-program yang memonitor, menganalisis, mengontrol kejadian dunia nyata
pada saat terjadinya dalam rentang waktu yang tetap melalui jangkauan I milidetik
sampai 1 menit.

Elemen dari Real Time Software:
• Komponen pengumpulan data, yang mengumpulkan dan menformat informasi dari lingkungan ekternal.
• Komponen analisa, yang mentransformasikan informasi yang diperlukan atau aplikasi tersebut.
• Komponen kontrol/output, yang memberikan respon terhadap lingkungan eksternal.
• Komponen monitoring, yang mengkoordinasi komponen-komponen lainnya sehingga bisa memberikan respon yang Real Time (biasanya antara 1 milidetik/1 menit).

Business Software
Software MIS yang mengakses satu atau beberapa database yang berisi aplikasi bisnis, yang diharapkan sapat menunjang pengambilan keputusan manajemen.

Enginering and Scientific Software Meliputi jangkauan aplikasi dalam berbagi bidang ilmu pengetahuan seperti astronomi, biologi, kedokteran dll.

Embeded Software Biasanya diletakkan pada read only memory dan digunakan untuk mengontrol produk dan sistem untuk pelanggan dan pasar industri. Misal: key pad untuk
mengontrol microwave oven. Dipakai untuk mengontrol hasil serta sistem untuk keperluan konsumen dan pasar industri, dapat melakukan fungsi yang tebatas dan memberikan kemampuan kontrol.

Personal Computer Software
Menyediakan fasilitas untuk pegoperasian software sebagai pengolah kata, grafik,
multi media seperti Wordprocessing, spreadsheet, computer graphic, multimedia,
entertaintment, database management, personal and business financial application,
akses database atau jaringan external, dan lain-lain.

Artificial Intelligent Software
Software yang menggunakan algoritma non numerik untuk menyelesaikan
permasalahan yang komplek. Areal AI yang aktif dikenal dengan expert system
atau knowledge based system. Cabang baru dari AI adalah Artifial Network.

Sumber: Ebook RPL Teknik Elektro Unila Oleh Dosen Mardiana, S.T,M.T

Selengkapnya......

Sistem Komunikasi Data - Fin

Untuk menunjang kuliah online ini saya menemukan blog yang cukup baik dalam mempelajari Sistem Komunikasi data yaitu di http://kuliahkomdat.blogspot.com/

Diblog tersebut mempelajari hal-hal yang sesuai dengan bahan ajar siskomdat. Saya akan memberikan slide dari buku karya William Stallings pada pertemuan berikutnya. Untuk bahan ajar anda dapat mempelajarinya pada blog diatas.

Romi Fahriza
2009

Selengkapnya......

ReadMe

Jika Anda bermaksud mengambil isi artikel di blog ini untuk dipublikasikan ulang pada web maupun blog anda, maka anda harus mencantumkan link blog ini pada artikel yang anda publikasi.

Dan akan lebih baik lagi jika anda mengirim email
pemberitahuan ke pemilik blog ini. Saling menghargai sesama blogger akan menjadikan kita memiliki jaringan yang luas, dan pada akhirnya akan meningkatkan traffic pada blog kita. Jadilah diri sendiri.

Temukan identitas blogmu sendiri